Ekobis  

RAMADAN DAN IDUL FITRI-KPw-BI Kalteng Siapkan Uang Tunai Rp1,9 Triliun

TABENGAN/RISAE PELEPASAN – Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah Taufik Saleh bersama pimpinan perbankan dan jajaran terkait lainnya, melepas secara simbolis mobil kas keliling yang melayani pertukaran uang, di teras Kantor BI Kalteng Jalan Diponegoro, Palangka Raya, Selasa (19/3).
TABENGAN/RAHUL
TUKAR UANG-Dwita (22) warga Palangka Raya yang melakukan penukaran uang pecahan rupiah di halaman Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, Selasa (19/3).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah bersama sejumlah unsur perbankan di wilayah Kota Palangka Raya melaksanakan Kick Off SERAMBI 2024 (Semarak Rupiah Ramadan dan Idul Fitri 2024) di Aula Kantor BI, Selasa (19/3) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan, yakni menempatkan armada mobil layanan kas keliling pada sejumlah titik lokasi yang dinilai strategis. Tujuannya, memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar di masyarakat pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1445H tahun ini.

Untuk wilayah Palangka Raya akan disiapkan mobil kas keliling yang ditempatkan di sejumlah titik lokasi, seperti di Bundaran Besar, Pasar Wadai Jalan AIS Nasution, Pasar Wadai UPR, Pasar Wadai Jalan Kecubung dan Rest Area Jalan Trans Kalimantan arah Kalampangan.

Kesempatan itu, Kepala KPw-BI Kalteng Taufik Saleh menyampaikan, pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H ini, BI Kalteng menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Mengingat kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri alami peningkatan, kami telah siapkan uang tunai sebesar Rp1,9 triliun. Nilai ini lebih besar 10 persen dibanding tahun lalu ada kenaikan harga akibat inflasi,” kata Taufik.

Kendati pihaknya menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar, namun BI Kalteng tetap mengupayakan agar peredaran uang tersebut tidak memberi tekanan terlalu besar pada inflasi.

“Intinya, inflasi akan dijaga tetap berada di 2,5 persen, plus minus 1 persen. Meski tekanan untuk menjaga stabilitas saat ini cukup besar, namun tetap kami upayakan,” ungkapnya.

Di samping itu, BI Kalteng tetap mengimbau masyarakat, terutama di wilayah perkotaan lebih memprioritaskan pembayaran secara digital atau qris untuk menekan jumlah uang tunai yang beredar.

Adapun implementasi kegiatan penukaran uang tersebut, pihak mensyaratkan agar si penukar uang dapat menunjukkan kartu tanda pengenal atau KTP.

Setiap orang yang akan menukarkan uang, diatur supaya tertib dan hanya dapat menukarkan uang sesuai paket yang disediakan, sebesar Rp4 juta.

Dalam 1 paket, disediakan masing-masing pecahan nominal Rp50 ribu sebesar Rp1 juta, pecahan nominal Rp20 ribu sebesar Rp1 juta, dan pecahan nominal Rp10 ribu sebesar Rp1 juta.

Selanjutnya, pecahan nominal Rp5 ribu sebesar Rp500 ribu, pecahan nominal Rp2 ribu sebesar Rp 200 ribu dan pecahan nominal Rp1 ribu sebesar Rp100 ribu.

Taufik juga mengimbau kepada seluruh unsur perbankan agar dapat terus memastikan ketersediaan uang tunai di setiap mesin anjungan tunai mandiri atau ATM yang ada.

Pantauan di lapangan, Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah (BI Kalteng) melayani penukaran uang pecahan di 8 lokasi di Kota Palangka Raya.

Dan Selasa (19/3), merupakan hari pertama penukaran uang pecahan rupiah yang berlokasi di Halaman Kantor BI Kalteng. Tampak masyarakat sudah mengantri untuk menukar uang, bahkan sebelum dibuka pukul 10.00 WIB.

Dwita (22) masyarakat kota Palangka Raya mengaku senang dengan adanya kas keliling penukaran uang pecahan rupiah yang dilakukan oleh bank Indonesia.

“Saya senang karena saya bisa menukarkan uang saya menjadi pecahan Rp2.000 untuk saya gunakan nanti memberikan uang THR kepada keponakan dan adik saya,” ungkapnya kepada Tabengan sembari menunjukan uang untuk ditukarkan di Kas Keliling, Selasa.

Dwita juga mengaku ini merupakan kali kedua dirinya melakukan penukaran uang pecahan rupiah di Bank Indonesia Kalteng.

“Bulan Ramadan tahun lalu saya juga melakukan penukaran uang pecahan rupiah, untuk digunakan memberikan THR kepada keluarga saya dan informasinya juga saya lihat dari instagram Bank Indonesia Kalteng,” imbuhnya.

Sebelum datang ke Bank Kalteng untuk menukarkan uang pecahan rupiah, ia sebelumnya melakukan pendaftaran di web yang sudah disediakan oleh Bank Indonesia.

“Dua hari yang lalu saya sudah melakukan pendaftaran di website, dan alhamdulillah saya mendapatkan jadwal di hari pertama pembukaan penukaran uang pecahan rupiah di halaman Kantor Bank Indonesia,” jelasnya.

Wanita berkerudung hitam tersebut berharap Bank Indonesia terus mengadakan penukaran uang pecahan rupiah di bulan Ramadan karena katanya ini sangat bermanfaat.

Sebagai informasi bagi yang ingin mendapatkan Layanan Penukaran melalui Kas Keliling tersebut, masyarakat dapat mengakses tautan https://pintar.bi.go.id dan memilih lokasi dan waktu layanan kas keliling yang dituju.

Selanjutnya melakukan pengisian data pemesanan meliputi NIK, Nama, No telepon, e-mail serta mengisi jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan Bank Indonesia.

Nantinya, pemesan akan mendapatkan tanda bukti yang digunakan saat penukaran uang baru di Kas Keliling sesuai jadwal dan lokasi. Yang perlu diingat, pemesanan uang baru melalui Kas Keliling berlaku sistem kuota.

Penukaran uang baru melalui bank dapat dilakukan di delapan titik dari pukul 10.00 WIB-13.00 WIB. Adapun jadwal lokasi penukaran uang rupiah melalui kas keliling yang ada di Palangka Raya:

  1. Halaman Kantor BI Kanwil Kalteng, Jalan Diponegoro, Selasa (19/3)
  2. Kantor Samsat, Jalan RTA. Milono, Rabu (20/3)
  3. Korem 102 Panju Panjung, Jalan Imam Bonjol, Jumat (22/3)
  4. Polda Kalimantan Tengah, Jalan Tjilik Riwut, Senin (25/3)
  5. Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut KM 5, Senin (1/4)
  6. Kantor Gubernur Kalteng, Jalan G. Obos Rabu (3/4)
  7. Rest Area Jalan Trans Kalimantan (arah Kalampangan), Kamis (4/4)
  8. Rest Area Jalan Trans Kalimantan (arah Kalampangan), Jumat (5/4).rca/rmp