Panti Asuhan Ayah Bunda Terbakar

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sebanyak 12 buah ruangan di Panti Asuhan (PA)/Pesantren Ayah Bunda di Jalan Mahir Mahar Km 5, Kelurahan Kalampanga, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, ludes terbakar, Selasa (21/11) tadi malam.

Ruangan yang terbakar terdiri dari 9 ruang tidur santri dan 3 ruang tenaga pengajar. Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat lilin yang menyala, kemudian terjatuh ke lantai dan mengenai kain.

Informasi yang dihimpun Tabengan, api mulai muncul sekitar pukul 20.15 WIB, pada saat itu terjadi pemadaman aliran listrik di kawasan tersebut. Diduga karena aliran listrik padam, sebagian santi kemudian menyalakan lilin di kamarnya.

Dari penuturan saksi mata di lokasi, titik api pertama kali muncul dari kamar nomor 6 yang ditempati santri. Diduga penyebabnya akibat lilin yang menyala terjatuh dan mengenai kain gorden. Tak berselang lama, api makin membesar membakar dinding bangunan yang terbuat dari kayu. Kobaran api kemudian merembet ke ruangan lain.

Para santri dan pengurus PA Ayah Bunda mencoba memadamkan api, namun gagal. Tak berselang lama, datang mobil pemadam kebakaran. Sedikitnya, ada 4 unit mobil damkar yang datang ke lokasi kebakaran. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB.

Peristiwa kebakaran tersebut, kini dalam penanganan aparat Polsek Sebangau. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan. Kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah.gie