Ekobis  

POJOK MOBILE JKN-Dekatkan Peserta Dalam Akses Layanan Program JKN

POJOK MOBILE JKN-Dekatkan Peserta Dalam Akses Layanan Program JKN
TABENGAN/ISTIMEWA POJOK MOBILE JKN - BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya siapkan Pojok Mobile JKN bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya kini menyiapkan Pojok Mobile JKN bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat mengakses layanan kesehatan di rumah sakit.

Salah satu fasilitas kesehatan yang sudah menyiapkan Pojok Mobile JKN adalah Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pulang Pisau, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pulang Pisau Yulia Kurniawati sangat antusias dengan adanya inovasi Pojok Mobile JKN yang dijalankan BPJS Kesehatan.

Ia mengungkapkan bahwa dengan keberadaan Pojok Mobile JKN ini dapat memberikan kemudahan kepada para pasien khususnya adalah peserta JKN yang sedang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pulang Pisau.

“Untuk saat ini Pojok Mobile JKN sangat membantu pasien (Peserta JKN) untuk melakukan pendaftaran secara online sehingga bisa mengurangi antrean pasien yang nanti mengantre di rumah sakit. Sehingga mereka juga tidak harus datang menunggu dari pagi kemudian nanti dilayani pada siang hari, tetapi mereka bisa datang mungkin beberapa menit atau kurang lebih sekitar 10 menit sebelum dilakukan pelayanan sehingga tidak terlalu lama untuk mengantre di rumah sakit,” ungkap Yulia Kurniawati.

Selain itu, Yulia Kurniawati juga berharap bahwa inovasi Pojok Mobile JKN yang saat ini sedang dilakukan dapat terus ada.

Menurutnya hal tersebut bisa membantu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kemudahan dan kelebihan yang dapat dirasakan manfaatnya sebagai peserta dari Program JKN.

Dengan adanya Pojok Mobile JKN di rumah sakit akan semakin mendekatkan peserta untuk mendapatkan layanan yang ada pada Program JKN.

“Harapan kami untuk program Pojok Mobile JKN ini akan terus ada di rumah sakit supaya bisa membantu memberikan edukasi kepada para Peserta JKN yang datang dan berobat di rumah sakit ini,” imbuhnya.

Dilain pihak, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, K. Hindro Kusumo menjelaskan bahwa keberadaan Pojok Mobile JKN sebagai bentuk upaya BPJS Kesehatan dalam mendekatkan diri kepada masyarakat yang merupakan peserta dari Program JKN.

Dengan disediakannya Pojok Mobile JKN tersebut di fasilitas kesehatan diharapkan masyarakat akan lebih dekat dan mudah untuk mendapatkan informasi dan akses layanan yang ada.

“Tujuan utama kehadiran Pojok Mobile JKN ini adalah untuk memberikan fasilitas kepada para peserta Program JKN agar lebih dekat dan mudah dalam mendapatkan akses Program JKN, baik dari segi informasi yang dibutuhkan oleh peserta maupun layanan yang akan didapatkan oleh Peserta JKN. Sebagai contoh, apabila Peserta JKN yang sedang berobat di rumah sakit belum mengetahui fitur antrean online yang bisa dimanfaatkan saat akan mengakses layanan kesehatan, peserta tersebut dapat mendatangi Pojok Mobile JKN untuk diberikan informasi seputar fitur-fitur yang ada pada aplikasi Mobile JKN,” jelas Hindro.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas layanan yang ada pada Program JKN BPJS Kesehatan telah menyiapkan berbagai kanal layanan yang bisa diakses oleh masyarakat seperti BPJS Satu (Siap Membantu) yang ada di rumah sakit, kanal layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp), hingga kini ada Pojok Mobile JKN.

“Selain keberadaan Pojok Mobile JKN, kami juga telah menyediakan berbagai layanan yang bisa diakses oleh masyarakat khususnya Peserta JKN. Diantaranya adalah BPJS SATU (Siap Membantu) yang juga ada di rumah sakit untuk memenuhi dan membantu berbagai macam kebutuhan Peserta JKN saat mendapatkan layanan kesehatan. Ada juga kanal layanan Pandawa yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat saat membutuhkan informasi dan layanan secara mudah hanya melalui whatsapp,” imbuh Hindro.ris/ist