Ekobis  

H+2 Lebaran, Harga Bapok Naik

TABENGAN/RAHUL NAIK-Tampak aktivitas para pedagang di Pasar Kahayan, Palangka Raya, Jumat (12/4).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Sejumlah bahan pokok (bapok) di Pasar Kahayan, Palangka Raya mengalami kenaikan harga pasca hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Hal tersebut berdasarkan pantauan harga yang dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (PKUKMP) Kota Palangka Raya, Jumat (12/4).

Kepala Dinas PKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal melalui Kepala Bidang Perdagangan Dinas PKUKMP Kota Palangka Raya Fajar Bhakti mengungkapkan adapun sejumlah bapok yang mengalami kenaikan di antaranya bawang bombay dan tomat yang mengalami kenaikan masing-masing Rp10 ribu.

“Jadi yang mengalami kenaikan harga di Pasar Kahayan bawang Bombay dari harga Rp40 ribu naik menjadi Rp50 ribu, sedangkan Tomat dari harga Rp50 ribu naik menjadi Rp60 ribu,” ungkap Fajar kepada Tabengan, berdasarkan data pantauan harga, Jumat (12/4).

Fajar melanjutkan, selain itu harga cabe merah kriting dan cabe rawit biasa juga alami kenaikan yang cukup signifikan naik hingga Rp20 ribu.

“Untuk harga cabe merah kriting dan cabe rawit biasa naik dari harga awal Rp60 ribu naik menjadi Rp80 ribu per kilogramnya,” jelasnya.

Sementara itu, daging sapi murni mengalami penurunan harga dari Rp170 ribu per kilogram turun Rp10 ribu menjadi harganya Rp160 ribu. Untuk ayam Broiler juga sekarang harganya Rp45 ribu, setelah sebelumnya sempat mengalami kenaikan harga.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, perubahan harga ini memang kerap terjadi jelang dan pasca lebaran akibat permintaan yang tinggi.

“Fluktuasi harga bahan pokok ini memang wajar terjadi, tetapi kami dari Dinas terkait sudah menyediakan langkah-langkah dan terus memantau harga di sejumlah pasar agar tidak mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi,” pungkasnya. rmp