Perempuan Berperan  Penting dalam Pembangunan

Faridawaty Darland Atjeh dan Kartika Sari

Edisi Hari Kartini

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID –Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mengajak para kaum perempuan masa kini untuk bersama-sama menggelorakan semangat emansipasi wanita, terutama dalam memajukan bangsa. Hal ini dilakukan untuk memperingati hari Kartini yang diperingati 21 April setiap tahunnya.

Menurutnya, perempuan memiliki peran penting dalam pembangunan baik di daerah maupun nasional, sehingga sangat penting bagi kaum perempuan untuk terus mengembangkan diri, mendapatkan pendidikan yang layak dan berpartisipasi aktif dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat.

“Kaum perempuan mempunyai peran penting dalam pembangunan dan memajukan bangsa. Jadi, perempuan harus dapat terus mengembangkan diri, dan meningkatkan partisipasi dalam membangun daerah khususnya di Kalteng,” ucapnya, Minggu (21/4).

Ketua DPW NasDem Kalteng ini juga mendorong pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota untuk tetap memberikan dukungan dan kesempatan yang sama untuk kaum perempuan dalam mendapatkan pendidikan, pekerjaan dan posisi dalam pengambilan keputusan.

Menurutnya, hal ini sangat penting untuk mewujudkan emansipasi dan hak-hak perempuan. “Mendapat dukungan dan diberikan kesempatan yang sama mendapatkan pendidikan yang layak, pekerjaan dan posisi dalam pengambilan keputusan adalah suatu keharusan bagi kaum perempuan. Ini penting untuk mewujudkan emansipasi dan hak-hak perempuan,” ujarnya.

Farida berharap dengan menggelorakan semangat emansipasi, hal tersebut dapat membantu mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Bumi Tambun Bungai ini, dan itu tentunya sejalan dengan semangat RA Kartini dalam memperjuangkan hak dan kesetaraan perempuan.

Banyak perempuan masa kini kata dia yang telah berhasil meraih kesuksesan dalam berbagai bidang, seperti bisnis, politik, pendidikan dan lain-lain. Oleh karena itu, Farida mengajak para “Kartini” masa kini untuk memberikan inspirasi bagi perempuan lain agar dapat meraih kesuksesan di berbagai bidang.

“Kita harus memberikan dorongan dan inspirasi agar perempuan dapat meraih kesuksesan di berbagai bidang. Jangan takut untuk berjuang dan melangkah maju,” tuturnya.

Ia juga mengajak kaum perempuan untuk terus berinovasi dan menciptakan hal-hal yang baru. Menurutnya, inovasi adalah kunci keberhasilan dalam berbagai bidang. “Inovasi adalah kunci keberhasilan di berbagai bidang, termasuk dalam memajukan bangsa. Oleh karena itu, perempuan harus terus berinovasi dan menciptakan hal-hal yang baru,” lanjutnya.

Wakil Ketua III DPRD Kalteng ini juga berharap, agar semua orang dapat terus memberikan dukungan dan perhatian terhadap peran perempuan dalam memajukan bangsa. karena setiap orang memiliki peran penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Saya berharap agar seluruh masyarakat dapat memberikan dukungan dan perhatian terhadap peran perempuan dalam memajukan bangsa. Kita semua memiliki peran penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” tutup Farida. jef

*.Kartika Sari

Kartini Masa Kini Harus Peduli Isu Kesetaraan Gender

21 April merupakan hari penuh sejarah, dimana pada tanggal itu, semua teringat akan perjuangan yang dilakukan Raden Ajeng Kartini dalam memajukan kaum perempuan di Indonesia, perjuangan Kartini  pun hingga kini terus menggelora di lakukan Kartini modern.

Salah satunya, Kartika Sari, istri dari Rahmat Hidayat yang merupakan Komisaris Utama Independen Bank Kalteng, Kartika merupakan calon legislatif terpilih dari PDIP untuk DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Menurutnya, Kartini jaman sekarang, pasti sangatlah bangga dengan kemajuan yang telah dicapai, baik dalam bidang pendidikan, karier dan keterlibatan dalam pembangunan masyarakat.

Akan tetapi, kaum perempuan pun meski saat ini telah terbuka dalam meningkatkan karirnya, tetap jangan lupa akan kodratnya sebagai kaum perempuan yang memiliki tanggung jawab dalam memperkuat rumah tangga dan mendidik anak-anaknya.

Dirinya pun mengingatkan agar Kartini jaman sekarang pun haruslah tetap peduli dengan isu-isu seperti kesetaraan gender, kekerasan terhadap perempuan dan kesenjangan sosial yang masih ada.

“Kartini jaman sekarang harus tetap memperjuangkan hak-hak perempuan, termasuk kesetaraan gender, akses pendidikan dan pekerjaan yang adil serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, dimana mereka juga harus menjadi teladan dalam mempromosikan kerjasama antar-generasi dan menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua orang,” kata Kartika kepada Tabengan, Minggu (21/4).

Ketika dirinya menerima amanah duduk di DPRD Kobar untuk periode 2024-2029, tentunya akan memperjuangkan apa yang menjadi hak kaum perempuan. “Pendapat ibu, perwakilan wanita di parlemen Indonesia masih menghadapi tantangan untuk mencapai tingkat yang diharapkan, meskipun jumlah perempuan di parlemen telah meningkat dari waktu ke waktu, namun masih belum mencapai tingkat kesetaraan yang diharapkan,” ujar wanita kelahiran 24 April 1982.

Misalnya saja lanjut dia, pada 2019 perempuan hanya menduduki sekitar 20 persen dari total kursi di DPR, akan tetapi upaya terus dilakukan untuk meningkatkan perwakilan perempuan di parlemen, seperti melalui kebijakan kuota gender dan kampanye untuk meningkatkan partisipasi politik perempuan.

Untuk itu ia berharap, di momentum peringatan hari Kartini, diharapkan agar penerus cita-cita Kartini dapat terus berjuang, tidak sekedar menjadi penggerak paham feminisme saja, akan tetapi juga menjadi bagian dalam pembangunan, sehingga akan terwujud Indonesia baru yang lebih baik, berkeadilan tanpa diskriminasi apapun.

“Oleh karena itu, saya mengajak kaum perempuan khususnya perempuan di Kobar, umumnya Kalteng ini untuk bangkit, tangguh dan lebih mandiri, berdaya guna serta berpartisipasi dalam sendi-sendi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. c-uli