Ekobis  

Telur dan Ayam Kampung Tambah Mahal

TABENGAN/RAHUL MAHAL-Salah satu penjual ayam di Pasar Besar Palangka Raya saat melayani pembeli.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Dua minggu pasca Lebaran, sejumlah bahan pokok terus mengalami kenaikan. Di antaranya, telur ayam kampung dan daging ayam kampung yang naik belasan ribu rupiah di Pasar Kahayan dan Pasar Besar Palangka Raya.

Hal tersebut berdasarkan data pantauan harga yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Koperasi, UKM dan Perindustrian (PKUKMP) Kota Palangka Raya, Kamis (25/4).

Kepala Dinas PKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal melalui Sekretaris Dinas PKUKMP Kota Palangka Raya Hardiansyah membenarkan bahwa harga daging ayam kampung mengalami kenaikan.

“Jadi harga ayam kampung memang naik di Pasar Besar Palangka Raya, naik hingga Rp15 ribu dari harga awal Rp70 ribu menjadi Rp85 ribu per kilogram. Sedangkan untuk telur ayam kampung sendiri juga naik dari Rp70 ribu menjadi Rp70.400,” ungkap Hardiansyah kepada Tabengan, Kamis (25/4).

Sementara itu, kata Hardiansyah, untuk di Pasar Kahayan harga ayam kampung dan telur ayam kampung malah lebih tinggi lagi dibandingkan harga di Pasar Besar Palangka Raya.

“Untuk di Pasar Kahayan harga ayam kampung naik dari Rp85 ribu menjadi Rp90 ribu per kilogram, sedangkan untuk telur ayam kampung harganya mencapai Rp70.500 per kilogram,” bebernya.

Menurut Hardiansyah, meskipun harga telur ayam kampung dan daging ayam kampung naik, namun harga daging ayam broiler turun.

“Harga daging ayam broiler di Pasar Kahayan turun dari harga Rp43 ribu menjadi Rp41 ribu per kilogramnya. Kemudian di Pasar Besar harga tomat juga turun dari harga Rp25 ribu menjadi Rp23 ribu,” jelasnya.

Untuk diketahui, harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Kahayan yang naik beberapa hari ini harganya masih sama yakni Rp60 ribu per kilogram untuk bawang merah dan Rp50 ribu untuk bawang putih.

Dinas PKUKMP Kota Palangka Raya terus berkomitmen untuk menjaga harga-harga di pasar agar tidak meroket melampaui harga terlalu tinggi. rmp