Hukrim  

Kolaborasi BNN dan Pemko Cegah Narkoba di Kalangan Pelajar

KOLABORASI – BNNK dan Disdik Kota Palangka Raya saat peluncuran Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar). TABENGAN/RAHUL

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda khusunya pelajar menjadi sorotan yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

“Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari, oleh karena itu penting untuk menyelesaikannya dengan berkolaborasi,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palangka Raya Kombes Pol I Wayan Korna.

Ia menjelaskan perlunya untuk terus memperkuat kolaborasi dengan Pemko Palangka Raya dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) guna mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

“Langkah kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang komprehensif kepada siswa dan menjadi bagian dari strategi pencegahan narkoba yang dilaksanakan oleh BNN bersama Disdik,” ujar Korna kepada Tabengan, baru-baru ini.

Perwira Polisi dengan tiga melati dipundak itu, menjelaskan bahwa kolaborasi tersebut mencakup penyelenggaraan program edukasi tentang bahaya narkoba bagi para pelajar.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan pemahaman yang luas kepada para pelajar tentang dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba dan cara menghindarinya,” tutur Korna,

Melalui program tersebut jelas dia diharapkan para siswa dapat lebih waspada dan mampu mengambil keputusan yang tepat saat dihadapkan pada godaan narkoba. Sebagai salah satu bentuk komitmen Pemko bersama BNNK Palangka Raya telah melaunching Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar) di beberapa Sekolah di Kota Palangka Raya.

Selain itu, Korna menekankan pentingnya peran aktif semua pihak, termasuk sekolah dan orang tua, dalam menjaga agar generasi muda terhindar dari pengaruh buruk narkoba.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam melindungi para generasi penerus dari bahaya narkoba,” pungkasnya. rmp