PILWALKOT- Tokoh Muhammadiyah Layak Dampingi Fairid

Ketua PWPM Kalteng Yandi Novia
  1. H Sahdin Hasan
  2. Raden Biroum Bernardianto
  3. H Daryana
  4. Aprie Husin Rahu
  5. Ustaz Amanto Surya Langka
  6. Arif M Norkim

 PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalimantan Tengah (Kalteng) Yandi Novia mendorong sejumlah tokoh kader potensial Muhammadiyah untuk turut berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Yandi menuturkan, sebagai kader angkatan muda, tentu Pemuda Muhammadiyah Kalteng sangat mendorong kader atau tokoh Muhammadiyah berkiprah di kontestasi Pilkada 2024, terutama di Kota Palangka Raya yakni Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot).

“Kami telah bersepakat mendorong 6 tokoh potensial dari kalangan Muhammadiyah, yakni Drs H Sahdin Hasan MM, Dr Raden Biroum Bernardianto SHut MSi, H Daryana SE, Aprie Husin Rahu, Ustaz Amanto Surya Langka Lc, dan Arif M Norkim SPi,” ungkap Yandi kepada Tabengan, Minggu (5/5).

Yandi selaku kader Muhammadiyah merasa yakin para tokoh Muhammadiyah tersebut memiliki potensi, SDM, kapasitas dan kapabilitas untuk dapat memajukan daerah dalam hal ini Kota Palangka Raya.

“Misalnya, dari birokrat Pak Syahdin Hasan sudah dikenal, bahwa karier dan kiprahnya untuk Pemerintah Kota Palangka Raya sudah terbukti dan tidak diragukan lagi, sehingga kami rasa layak untuk maju berkontestasi,” sebutnya.

Kemudian, lanjut Yandi, ada Raden Biroum Bernardianto, beliau juga birokrat, politisi dan akademisi. Lebih-lebih saat ini menjabat sebagai Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalteng, tentu sudah sangat matang dalam hal pelayanan publik dan mendorong pemerintahan yang sehat.

“Lalu tentu ada H Daryana, seorang politisi dan pengusaha. Beliau mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kalteng 2 periode, kiprahnya telah meninggalkan jejak-jejak semangat untuk kami kaum muda dan tentu layak juga untuk memimpin daerah,” bebernya.

Selanjutnya tak lupa, imbuh Yandi, ada Aprie Husin Rahu, tokoh muda, politisi, praktisi sosial dan kebencanaan, serta pengusaha yang memiliki banyak pengalaman dan layak maju di Pilkada 2024. Kemudian ada Ustaz Amanto Surya Langka, politisi senior, dosen, melalui jejak-jejak dakwah kebaikan beliau juga dirasakan bersama tentu ketika memimpin nanti kebaikannya akan sangat berguna untuk kemajuan daerah.

“Dan tokoh yang tak kalah penting dari warga Muhammadiyah adalah Arif M Norkim. Beliau juga tokoh politik, sekaligus pengusaha, dan sekarang terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Palangka Raya dan kami rasa beliau tentu layak maju berkontestasi,” tambahnya lagi.

Yandi mengaku realistis saja, artinya tokoh-tokoh yang pihaknya dorong layak untuk mendampingi petahana Fairid Naparin, bakal calon Wali Kota Palangka Raya di periode selanjutnya.

“Kita dorong terus, harapannya mereka mulai intensifkan turun menyapa masyarakat, walaupun sebelumnya juga telah turun,” ujarnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan gerakan konsolidasi ke bawah, terutama internal Muhammadiyah dan kader-kadernya sampai ke tingkat cabang dan ranting yang itu bersentuhan langsung dengan masyarakat secara luas.

“Dalam waktu dekat juga pemuda Muhammadiyah Kalteng, melaksanakan dialog politik, mengundang para kandidat yang kita dorong. Dalam hal ini untuk melihat bagaimana respons dan upaya-upaya yang bisa dilakukan,” pungkas Yandi. rmp